The Right Way to Wash Your Hair

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyisir rambutmu agar bebas kusut. Dengan demikian, rambut lebih mudah untuk dibersihkan dan tidak memperparah kekusutan rambut. Bilas rambut dengan air pancuran (shower) secara merata, sebaiknya gunakan air hangat pada awal keramas untuk membuka kutikel, juga membersihkan kotoran minyak di kulit kepala. Pada akhir keramas, gunakan air dingin untuk menutup kutikel dan menambah kilau rambut.

Bilas rambut Anda di bawah pancuran untuk membersihkan leave-on conditioner dan sisa hair-styling, sertai dengan pijatan lembut (bukan digaruk) dari ujung jari Anda. Lalu, tuangkan sesendok sampo di telapak tangan Anda. Gosok kedua tangan Anda dan aplikasikan sampo ke kulit kepala Anda. Perhatikan, Anda harus menempatkan sampo di kulit kepala, bukan di ujung rambut, karena sampo dapat menyebabkan ujung rambut menjadi kering sehingga menjadi rapuh dan bercabang. Harus diingat pula, jangan mengeramas rambut dengan mengacak seluruh rambut dengan ditempatkan di kepala Anda, karena akan membuat rambut Anda menjadi lebih kusut. Setelah ini, bilas seluruh busa sampo.

Sebaiknya keramas rambut dilakukan dua kali. Tujuan dari keramas pertama adalah membersihkan kotoran minyak. Keramas yang kedua, agar kandungan dalam sampo dapat menutrisi rambut. Jadi, pada proses keramas kedua ini, Anda perlu mendiamkan sampo pada kulit kepala sekitar beberapa menit. Bersihkan rambut dari sisa sampo dengan air setelah ini.

Untuk mengeluarkan air yang berlebihan pada rambut, cukup dengan menekan rambut. Jangan ditarik atau diremas, karena rambut yang basah berada pada kondisi yang paling rapuh. Ketika air yang berlebih telah keluar, aplikasi sesendok kondisioner pada batang rambut di sepanjang garis rambut (hairline), tengkuk dan ujung rambut. Tumpukan rambut Anda pada shower cap dan biarkan kondisioner menyerap selama 10 menit. Kemudian, bilaslah sepenuhnya dengan air dingin.

Proses yang dijelaskan di sini, merupakan proses dasar keramas rambut dengan hanya menggunakan sampo dan kondisioner. Untuk mendapatkan hasil sempurna, gunakan product perawatan rambut intensif.

Sumber : Tips untuk rambut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s